L.K 3.1 Menyusun Best Practices Eka Damayanti
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SMPN 1 Lebakgedong |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Menengah Pertama |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model
pembelajaran PBL pada materi Pengenalan Alat-alat Laboratorium kelas VII di
SMPN 1 Lebakgedong |
Penulis
|
Eka Damayanti, S.Pd |
Tanggal
|
22 September 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Latar
belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah : 1. Siswa terlihat tidak
termotivasi saat pembelajaran alat-alat Laboratorium 2. Siswa tidak mengetahui alat-alat
laboratorium langsung pada media nyata 3. Siswa kurang aktif dalam
pembelajaran alat-alat Laboratorium IPA 4. Masih kurangnya bimbingan peserta
didik dalam proses belajar di rumah, terutama dalam membaca 5. Guru belum menerapkan model dan media pembelajaran inovatif sehingga proses pembelajaran masih menggunakan
metode ceramah dan media seadanya. Praktik ini penting menurut saya untuk dibagikan karena saya kira banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan
permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ni diharapkan selain bisa
memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan dapat menjadi referensi untuk teman guru lainnya Adapun peran dan tangggungjawab saya dalam praktik pembelajaran ini
adalah untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan
menggunakan media dan model pembelajaan yang tepat dan inovatif sehingga
tujuan pembelajaran dan minat belajar siswa dapat tercapai sesuai dengan yang
diharapkan |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur
penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan motivasi
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada materi
pengenalan alat-alat Laboratorium pada kelas VII di SMPN 1 Lebakgedong,
antara lain: 1. Model
Pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif dan cenderung
menggunakan metode ceramah. Sehingga guru lebih mendominasi kegiatan di dalam
kelas dan siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran. 2. Guru
tidak memanfaatkan media saat pembelajaran materi pengenalan alat-alat
laboratorium sehingga siswa kesulitan dalam memahami dan mengetahui alat yang
dimaksud 3. Rendahnya
motivasi siswa untuk belajar mengulangi materi yang telah disampaikan baik
secara mandiri maupun berdiskusi bersama teman dan guru Berdasarkan penyebab dari permasalahan di atas,
tantangan yang dihadapi guru yaitu: 1. Penggunaan
model pembelajaran yang tepat sehingga mampu meningkatkan aktifitas dan
partisipasi siswa dalam pembelajaran 2. Penggunaan
media pembelajaran yang tepat dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik
siswa dan karaktetistik materi pembelajaran sehingga pembelajaran lebih
menarik 3. Guru
harus menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa melalui proses
pembelajaran yang menyenangkan Dilihat dari tantangan
tersebut disimpulkan tantangan yang dihadapi melibatkan
guru dari sisi kompetensi yang dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik
dan profesional sedangkan dari siswa adalah minat dan motivasi belajar |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah yang dilakukan guru untuk
menyelesaikan dan menjawab tantangan diatas antara lain : 1. Pemilihan media pembelajaran Guru menggunakan media pembajaran yang dikolaborasikan dengan pendekatan media berbasis TPACK, sehingga diharapakan siswa dapat lebih mudah memahami materi yang akan dsampaikan. Pada pembelajaran ini media yang digunakan adalah power point dengan dikolaborasikan dengan media gambar yang berkaitan dengan materi pengenalan alat-alat laboratorium, siswa ditunjang juga dengan handout materi sistem gerak agara lebih mudah dalam memahmi materi ini. 2.
Pemilihan
model pembelajaran Dalam memilih model pembelajaran guru harus memahami
karateristik siswa dan materi pembelajaran tersebut. Guru harus memhami
langkah dari model pembelajaran yang akan dipilihnya, dimulai dari kegitan
awal, kegitan inti dan penutup. Pada materi pengenalan alat-alat laboratorium
ini menggunakan model pembeljaran PBL (Problem Based Learning) dengan syntak
sebagai berikut : 1.
Mengorientasikan siswa
terhadap masalah 2.
Mengorganisasikan siswa
untuk belajar 3.
Membimbing penyelidikan individu/kelompok 4.
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya 5.
Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah 3. Meningkatkan minat dan
motivasi siswa a. Menumbuhkan
minat dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran
yang terpusat pada siswa. b. Proses
pengembangan perangkat pembelajaran yang berpusat pada siswa ini lebih
terpusat pada RPP dan LKPD. c. Sumber
daya yang diperlukan antara lain: Sintaks model pembelajaran, kompetensi dan kreatifitas
guru dalam meyususn RPP dan LKPD Sumber
daya yang diperlukan untuk memilih media pembelajaran
adalah power point, aplikasi
kinemaster, Buku IPA siswa kelas VII Semester I, Laptop, Tablet, dan Jaringan
Internet. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak dari penerapan media pembelajaran powerpoit
yang diimplementasikan dengan pendekatan TPACK serta dipadukan dengan model
pembelajaran PBL (Problem Based Learning) membuat siswa lebih berminat dan
aktif dalam mengikuti pelajaran, siswa menjadi lebih bersemangat karena dapat
melihat objek bendanya dengan nyata tidak hanya bayangan. Siswa juga dapat
berfikir kreatif dan mandiri. Dengan menggunakan model pembelajaran PBL siswa dapat lebih aktif dan terdorong dalam memecahkan berbagai masalah, kegiatan ini juga dapat ikut membawa peserta didik yang kurang aktif untuk ikut belajar bersama. Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan
didapatkan hasil yang efektif dan dapat dilihat dari 1. Pemilihan
model pembelajaran yaitu PBL dan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada
siswa sangat membantu dalam meningkatkan keaktifan siswa saat proses
pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar 2. Penggunaan
Power point dan aplikasi kinemaster sangat membantu pemahaman dan memperkuat
konsep siswa dalam materi pengenalan alat-aat laboratorium, dibuktikan dengan
hasil evaluasi pembelajaran IPA siswa lebih meningkat. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat positif dan terlihat dari minat siswa yang terlihat senang selama proses pembelajaran dikarenakan siswa bisa langsung melihat gambar alat-alat laboratorium dengan jelas bukan hanya banyangan, terutama ketika menggunakan aplikasi powerpoint dan kinemaster mereka terlihat dapat memahami materi dengan baik. Bisa dilihat dari kegiatan refleksi akhir (menyimpulkan materi) pembelajaran, siswa dapat memberikan refleksi pembelajaran dengan benar. Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap model pembelajaran, alat peraga yang digunakan serta langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan
kegiatan yang sudah guru lakukan adalah seharusnya guru lebih kreatif dan
inovatif dalam memilih model, alat peraga, dan langkah-lagkah pembelajaran
untuk membuat proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa, pembelajaran
menjadi lebih mudah dipahami, menyenangkan dan menantang sehingga dapat
membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajarnya sesuai dengan yang diharapkan. |
Komentar
Posting Komentar