L.K 3.1 Menyusun Best Practices Eka Damayanti

 LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


Lokasi

SMPN 1 Lebakgedong

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran PBL pada materi Pengenalan Alat-alat Laboratorium kelas VII di SMPN 1 Lebakgedong

Penulis

Eka Damayanti, S.Pd

Tanggal

22 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab      anda dalam praktik ini.

 

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

     1.    Siswa terlihat tidak termotivasi saat       pembelajaran alat-alat Laboratorium

      2.  Siswa tidak mengetahui alat-alat laboratorium       langsung pada media nyata

      3.   Siswa kurang aktif dalam pembelajaran alat-alat Laboratorium IPA

       4.  Masih kurangnya bimbingan peserta didik dalam proses belajar di rumah, terutama dalam membaca

        5.  Guru belum menerapkan model dan media pembelajaran  inovatif sehingga  proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan media seadanya.

 

Praktik ini penting menurut saya untuk dibagikan karena saya kira banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ni diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan dapat  menjadi referensi untuk teman guru lainnya

 

Adapun peran dan tangggungjawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media dan model pembelajaan yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan minat belajar siswa dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada materi pengenalan alat-alat Laboratorium pada kelas VII di SMPN 1 Lebakgedong, antara lain:

1.    Model Pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif dan cenderung menggunakan metode ceramah. Sehingga guru lebih mendominasi kegiatan di dalam kelas dan siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran.

2.    Guru tidak memanfaatkan media saat pembelajaran materi pengenalan alat-alat laboratorium sehingga siswa kesulitan dalam memahami dan mengetahui alat yang dimaksud

3.    Rendahnya motivasi siswa untuk belajar mengulangi materi yang telah disampaikan baik secara mandiri maupun berdiskusi bersama teman dan guru

 

Berdasarkan penyebab dari permasalahan di atas, tantangan yang dihadapi guru yaitu:

1.    Penggunaan model pembelajaran yang tepat sehingga mampu meningkatkan aktifitas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran

2.    Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan karaktetistik materi pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik

3.    Guru harus menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan

 

Dilihat dari tantangan tersebut disimpulkan tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari siswa adalah minat dan motivasi belajar


Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah yang dilakukan guru untuk menyelesaikan dan menjawab tantangan diatas antara lain :

1.  Pemilihan media pembelajaran

Guru menggunakan media pembajaran yang dikolaborasikan dengan pendekatan media berbasis TPACK, sehingga diharapakan siswa dapat lebih mudah memahami materi yang akan dsampaikan. Pada pembelajaran ini media yang digunakan adalah power point dengan dikolaborasikan dengan media gambar yang berkaitan dengan materi pengenalan alat-alat laboratorium, siswa ditunjang juga dengan handout materi sistem gerak agara lebih mudah dalam memahmi materi ini.

 

2.  Pemilihan model pembelajaran

Dalam memilih model pembelajaran guru harus memahami karateristik siswa dan materi pembelajaran tersebut. Guru harus memhami langkah dari model pembelajaran yang akan dipilihnya, dimulai dari kegitan awal, kegitan inti dan penutup. Pada materi pengenalan alat-alat laboratorium ini menggunakan model pembeljaran PBL (Problem Based Learning) dengan syntak sebagai berikut :

1.     Mengorientasikan siswa terhadap masalah

2.     Mengorganisasikan siswa untuk belajar

3.     Membimbing penyelidikan  individu/kelompok

4.     Mengembangkan dan menyajikan hasil  karya

5.     Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah


3.     Meningkatkan minat dan motivasi siswa

a.    Menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran yang terpusat pada siswa.

b.    Proses pengembangan perangkat pembelajaran yang berpusat pada siswa ini lebih terpusat pada RPP dan LKPD.

c.    Sumber daya yang diperlukan antara lain: Sintaks model pembelajaran, kompetensi dan kreatifitas guru dalam meyususn RPP dan LKPD

Sumber daya yang diperlukan untuk memilih media pembelajaran adalah power point, aplikasi kinemaster, Buku IPA siswa kelas VII Semester I, Laptop, Tablet, dan Jaringan Internet.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari penerapan media pembelajaran powerpoit yang diimplementasikan dengan pendekatan TPACK serta dipadukan dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) membuat siswa lebih berminat dan aktif dalam mengikuti pelajaran, siswa menjadi lebih bersemangat karena dapat melihat objek bendanya dengan nyata tidak hanya bayangan. Siswa juga dapat berfikir kreatif dan mandiri.

Dengan menggunakan model pembelajaran PBL siswa dapat lebih aktif dan terdorong dalam memecahkan berbagai masalah, kegiatan ini juga   dapat ikut membawa peserta didik yang kurang aktif  untuk ikut belajar bersama.

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan didapatkan hasil yang efektif dan dapat dilihat dari

1.    Pemilihan model pembelajaran yaitu PBL dan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa sangat membantu dalam meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar

2.    Penggunaan Power point dan aplikasi kinemaster sangat membantu pemahaman dan memperkuat konsep siswa dalam materi pengenalan alat-aat laboratorium, dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran IPA siswa lebih meningkat.

 

Respon siswa terhadap kegiatan  pembelajaran ini sangat positif dan terlihat dari minat siswa yang terlihat senang selama proses pembelajaran dikarenakan siswa bisa langsung melihat gambar alat-alat laboratorium dengan jelas bukan hanya banyangan, terutama ketika menggunakan aplikasi powerpoint dan kinemaster mereka terlihat dapat memahami materi dengan baik. Bisa dilihat dari  kegiatan refleksi akhir (menyimpulkan materi) pembelajaran, siswa dapat memberikan refleksi pembelajaran dengan benar.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap model pembelajaran, alat peraga yang digunakan serta langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah seharusnya guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model, alat peraga, dan langkah-lagkah pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa, pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami, menyenangkan dan menantang sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya sesuai dengan yang diharapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

L.K 3.1 Menyusun Best Practices Rossy Lestari

RPP Keselamatan laboratorium IPA

Program Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu